Senin, 13 Juli 2015

Inspiration, Motivation, and Spirit



Dan akhir akhir ini gue lagi rajin nulis tengah malam atau dini hari. Itu karena,  gue ketiduran diawal malam dan kebangun ditengah malam, lalu gue tidur lagi sampai akhir malam (apaan sih -_-). Kali ini gue mau nyeritain tentang inspirasi, motivasi dan semangat gue dalam menjalani kehidupan (diksinya berat vroh). Ada beberapa hal yang jadi inspirasi, motivasi dan semangat dalam hidup gue :

1.ANIME
Agak gimana gitu ya, saat anime jadi inspirasi dan motivasi dalam hidup lo. But I’m serious. Anime adalah salah satu part yang sangat penting sebagai mood booster dan spirit booster bagi gue. Alasan nya adalah banyak hal hal yang mengandung pesan moral yang sangat bagus, yang sangat mendididk dan yang bisa gue ambil sebagai pelajaran dalam hidup gue. Nah, beberapa anime yang udah gue tonton adalah Hunter X Hunter, One Piece, Naruto, Nisekoi, Another, No Game No Life, Tokyo Ghoul, Assassination Classroom, Kiseiju Sei No Kakuritsu (kalo gak salah tulisanya gini), dan gue gak ingat lagi apa aja yang udah gue tonton. Huahaha. Masing masing anime punya cerita dan alur yang berbeda tapi sama-sama punya pesan moral yang kuat di setiap ceritanya.
Contohnya, anime ONE PIECE. Anime yang kerennya kebangetan. Pesan moral yang disampaikan Oda sensei luar biasa. Disini Oda sensei menggambarkan, AYO DAN JANGAN TAKUT BERMIMPI, RAIHLAH MIMPI ITU DENGAN USAHA MU YANG PALING MAKSIMAL + TEMAN ADALAH HARTA YANG PALING BERHARGA.  Anime ini luar biasa, menceritakan kisah Luffy dan kawan kawan dalam mencari One Piece harta karun yang legendaris. Hal yang bisa gue ambil adalah “Beranilah bermimpi besar, dan lakukan apapun yang kamu mampu untuk mewujudkannya. Meskipun itu berarti kamu harus bersakit, terluka, berada dibawah tekanan, bahkan mati sekalipun. Lakukan apapun sehingga kamu semakin dekat, lebih dekat, dan sangat dekat dengan mimipi kamu sehingga kamu mampu meraihnya.” Anime ini mengajarkan gue apa itu arti dari MIMPI dan CITA-CITA, apa itu kerja keras, apa itu berusaha, apa itu yang namanya berjuang.
Mereka (Luffy dan kawan-kawan) selalu berusaha untuk menjadi lebih baik, seallu berlatih agar mereka mampu mencapai mimpi-mimpi mereka. Luffy yang bercita-cita untuk menjadi raja bajak laut, Zoro yang bermimpi ingin menjadi pendekar pedang terkuat di dunia, Sanji yang ingin menemukan All Blue, Nami yang ingin menggambar peta dunia, Robin yang ingin mempelajari peneglyp dan menemukan Rio Peneglyp , Usop yang ingin jadi ksatria lautan terhebat dan pemberani, Chopper yang ingin menjadi dokter terhebat, Franky yang ingin menciptakan kapal terhebat dan tangguh sehingga bisa ke ujung dunia, serta Brook yang ingin bertemu dengan Laboon sahabat lama saat ia masih menjadi anggota bajak laut Rumbar. Orang-orang yang
luar biasa semangat nya. Mereka berlatih maksimal selama 2 tahun agar bisa lebih baik lagi sehingga mereka mampu mewujudkan mimpi mereka. I proud of them. Dan juga, merekagak pernah namanya nyia-nyiain teman mereka. Kesetiakawanan mereka ber-9 luar biasa. Luffy yang mati-matian untuk temannya, saat nyelamatin Nami dari Arlong, ngebuat Robin bisa punya mimpi lagi dan pengen hidup, pertempuran besar-besaran di Enies Loby, Sampai salah paham juga sama Usopp gara-gara going Merry tapi mereka jadi gak terpisahkan. LUFFY, ZORO, USOP, NAMI, SANJI, ROBIN, CHOPPER, FRANKY dan BROOK, mereka A.W.E.S.O.M.E dan punya cara pandang yang luar biasa.
Gitu juga sama anime Hunter X Hunter, anime yang menceritakan Gon yang punya mimpi biar bisa ketemu sama bapaknya, dan Kilua yang pengen keluar dari tradisi keluarga Zoldick. Semua nya bekerja keras dan gak kenal kata menyerah dalam mencapai impian dan cita cita mereka. Yang terpenting lo mau berusaha dalam menggapai mimpi lo.
Nah, kalau Naruto lain lagi. Selain juga ngajarin tentang arti kerja keras, dan gak kenal kata meyerah, unsur pertemanan disini kental banget. Naruto yang bela-belain berlatih mati-matian buat bisa nyelamatin Sasuke dari cengkraman Orochimaru. Saat Hachibi diculik Akatsuki dan salah satu dalangnya adalah Sasuke, Naruto rela dipukuli sama murid Hachibi karna dia gak mau jual temannya. Persahabatan Shikamaru sama Choji, giaman Lee sama Guru Gai, Kakashi sama Obito, dan masih banayak kisah berharga yang gak bisa gue tulis satu per satu. This is PRECIOUS ANIME ever. Disini juga diceritain gimana tulusnya seorang Hinata mencintai Naruto, Sakura yang menunggu Sasuke, so sweet banget bro :’) Gue gak bisa menjelaskan dengan kata-kata gimana so sweetnya kisah cinta mereka. Tentang CINTA, PERSAHABATAN, MIMPI, dan KERJA KERAS dibungkus dengan apik dalam anime ini.

Tokyo Ghoul dan Kiseiju Sei No Kakuritsu bercerita tentang gimana kita bersikap sebagi MANUSIA. Manusia kalau menurut gue adalah makhluk yang paling unik dan membingungkan. Manusia adalah makhluk yang sangat bodoh yang rela ngorbanin apapun untuk manusia lain yang mereka cintai, mereka seakan gak peduli sama apapun asal mereka ngeliat manusia yang mereka sayang hidup bahagia. Kaya bodohnya ORANG TUA yang rela buat susah susah cari uang biar anaknya bisa punya kehidupan yang lebih baik dari mereka, bodohnya seorang ibu yang rela gak makan asal anak mereka bisa makan, bodohnya seorang guru yang rela masuk pedalaman buat bisa ngemajuin anak anak muridnya, bodohnya suami yang rela ngelakuin apapun buat istrinya gitupuin sebaliknya.
Akan tetapi manusia bisa berubah juga menjadi makhluk yang lebih kejam dari monster, yang lebih hina dari binatang. Manusia juga adalah makhluk yang rela nginjak manusia lain, menyakiti, melukai, bahkan gak segan untuk membunuh manusia lain untuk ambisi dan HARTA. Manusia bisa lebih gak punya perasaan dan lebih hina dari binatang. Binatang aja masih punya naluri untuk ngelindungin anaknya, tapi manusia bisa tega buat ngejual anaknya sendiri, nyiksa anaknya sendiri. Banyak hal- hal yang diluar nalar yang mampu dilakukan manusia yang terkadang jauh dari kata MANUSIAWI. “Bukan berarti MANUSIA yang disempurnakan oleh Tuhan dengan akal dan pikiran bisa lebih baik dari BINATANG, bukan berarti manusia bisa melakukan hal apapun tanpa meningat makhluk-makhluk lainnya, bukan berarti manusia berhak merasa sombong atas kemampuan nya, bukan berarti manusia berhak merasa sebagai PEMILIK BUMI dan sewenang-wenang atas bumi, karena Tuhan menciptakan Bumi bukan cuma untuk manusia tapi untuk makhluk lainnya. Jadi sepantasnyalah kita bersikap sebagai MANUSIA yang sesungguhnya, manusia yang emang bener bener makhluk sempurna yang diciptain Tuhan denagn akal dan pikiran serta punya hati nurani sehingga kita mampu bersikap MANUSIAWI dengan setiap makhluk.”

Dalam anime itu diceritain manusia yang emang gak peduli sama makhluk lain. Manusia merasa paling perfect dan berhak menjadi penguasa atas segala ras di bumi tanpa memikirkan kaum minoritas. Anime ini mengajarkan gimana seharusnya kita bersikap sebgai manusia yang juga harus memikirkan makhluk lain gak cuma manusia aja, gimana kita dengan akal dan pikiran kita yang maju kita bisa memajukan kehidupan di buli agar lebih baik bukan sebaliknya. Kita manusia seakan dikendalikan nafsu yang berlebihan untuk mengeksplorasi segalanya di bumi. Akibatnya kehidupan kita di bumi menjadi gak seimbang. Gobal warming, perubhan iklim, dan efek rumah kaca adalah sebagian keci dari akibat ulang tangan ukerusakan di muka bumi dalah akibat ulah tangan manusia” (kalo gak slah ini dalam suta Al-A’raf) Kita harus mengingat bahwa dibumi ini gak cuma ada manusia aja, tapi juga ada hewan, tumbuhan dan segala unsur abiotiknya. So, lets be a real HUMAN.

Nah ada dua anime lagi yang juga jadi inspirasi gue, yap itu adalah Another dan Assassination Classroom. Cerita dalam anime ini lebih menekan kan antara hubungan sesama manusia. Dalam anime Another, itu menceritakan tentang sebuah kelas kutukan yang diteror oleh seseorang yang datang dari kematian. Karna orang yang datang dari kematian ini, akibatnya kelas tersebut kekurangan meja dan teror pun terjadi. Untuk menghentikan kutukan, tradisinaya adalah harus ada satu anggota kelas yang dianggap tidak ada. Dikucilkan, gak diajak ngomong, dan orang tersebut emang bener-bener gak ada istilahnya. Tapi dengan adanya murid baru yang gak tau masalah ini, dia malah berteman sama murid yang dianggap gak ada itu. Tapi pada kenyataannya teror pun masih terjadi, satu per satu murid tewas. Dan di endingnya yang menyudahi kutukan tersebut adalah murid yang dianggap gak ada tadi. Well, pesan moral yang gue dapat adalah “jika ada suatu masalah lebih baik diselesaikan secara sehat dan rasional, gak usah ikut ikut tradisi yang gak jelas meskipun tradisi itu udah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Beranilah untuk merubah sesutu yang kamu anggap baik.”

Beda lagi dengan anime Assassination Classroom, secara harifiah artinya adalah kelas pembunuhan. But wait, animenya gak seseram judulnya kok, malah punya pesan moral yang bagus banget. Sesuai judul animenya, anime ini bercerita tentang kelas 3E yang punya tugas buat ngebunuh makhluk yang udah ngehancurin 70% bagian bulan dan akan ngehancurin bumi, tapi masalahnya makhluk ini adalah guru terbaik dan terhebat yang ngajar mereka. Makhluk yang berbentuk gurita dengan tinggi 3 meter dan bewarna kuning ini, adalah guru yang sangat perhatian dan hebat bagi kelas 3E. Kelas 3E sendiri adalah kelas buangan dari sebuah SMP favorit di Jepang. Kelas 3E berisi anak-anak yang bisa dibilang kurang secara akademik, but bukan berarti emang benar-benar bodoh ya, banyak yang melatarbelakangi kenapa mereka bisa punya nilai akademik yang rendah. Tapi kelas 3E benar-benar mendapat deskriminasi yang luar biasa, mulai dari gedung sekolah yang terpisah dari bangunan utama, kondisi ruangan yang kurang, mereka gak boleh ikut ekskul, mereka gak juga boleh ikut pertandingan olahraga, mereka harus jadi kelas pertama yang berbaris saat pertemuan sekolah dan masih banyak deskriminasi yang diterima kelas 3E. Tapi yang paling parah adalah kelas 3E emang bener-bener gak boleh berubah anak muridnya, mereka harus tetap bodoh agar murid-murid di kelas A,B,C, dan D tetap giat belajar dan takut masuk ke kelas E. Tapi makhluk yang mirip gurita tadi atau KURO-Sensei malahan memaksimalkan potensi setiap murid kelas E. Kuro sensei emang bener bener total buat ngembangin kemampuan setiap murid kelas E agar mereka bisa lebih baik, punya nilai bagus, dan tetap menyemangati mereka agar jangan pernah putus asa meskipun dibawah deskriminasi.
Anime ini bener-bener gue rekomen buat calon guru. Gue sebagai salah satu calon guru sangat termotivasi sama anime ini. Gimana cara jadi guru yang baik, yang bukan cuma ngajar doang tapi juga mendidik dan bisa memaksimalkan kemampuan murid-murid gue nantinya. Gue harus bisa jadi kaya Kuro-Sensei yang emang total memperhatikan muridnya, yang punya cara buat ngembangin potensi muridnya, gue harus bisa jadi guru yang keren kaya Kuro-Sensei. I PROUD TO BE A TEACHER
.

2.BUKU
Nah ini adalah benda kedua yang jadi inspirasi serta motivasi dalam hidup gue. Buku bagi gue lebih dari sekedar barang berharga, buku adalah harta gue. Gue merasa kaya kalau gue bisa beli buku buku yang gue suka. Gue book lover banget. Gue suka baca buku apa aja, mulai dari sastra, politik, hukum, sejarah,apapun ayo kasih gue. Buku bagi gue adalah nafas, yang kalau gak ada buku gue gak bisa hidup. Dan gue juga memperlakukan buku-buku gue dengan layak, i mean gak sembarangan aja kalau baca buku. Gue paling kesel liat orang yang kalau baca buku, bukunya itu ditekuk ke belakang, dicoret coret, atau dilipat lipat. Auww, itu penyiksaan berat buat buku gue kira. Kayak yang gue bilang tadi, buku adalah harta gue. Jadi, kalau ada orang yang minjam buku ke gue, jujur rasanya itu berat banget buat minjemin. Bahkan gue sering bohong biar buku gue gak jadi dipinjem, dan itu berlaku bagi siapaun termasuk adek gue sendiri. Dan untungnya adek gue gak terlalu interesting sama yang namanya buku meskipun gue juga menyayangkannya. Orang yang gak suka buku gue kira mereka orang yang rugi dan orang yang miskin. Kenapa ? Lewat buku lo bisa tau apapun, lewat buku lo bisa berpikir lebih maju, lewat buku lo jadi pinter, lewat buku lo gak begok lagi, banyak hal yang bakalan lo ketahui, banyak hal menarik yang bakalan lo temukan lewat buku-buku lo. Dan lo juga bisa menghasilkan karya lewat buku-buku yang lo baca. Book is my everything. Gue lebih milih buat ngehabisin duit jajan gue buat beli buku. Gue bukan cewe normal yang suka shopping fashion, baju, sepatu, tas, make up. NO, IT IS NOT ME. Gue bahkan pernah kena marah sama mama gue karena waktu itu mau lebaran, gue punya uang 300 ribu. Waktu itu gue juga belum beli baju lebaran, nah mama bilang duitnya buat tambahan beli baju aja. Nah, pas gue ke pasar dan ,lewat di depan toko buku, gue kalap dan lost control. Uang yang rencana nya buat beli baju malah gue habisin  uat beli momik sama beli novel. Dan pas nyampe rumah habislah gue kena semprot sama mama. Hahaha. But gue bahagia, gue bahagia dengan buku-buku gue. Dan juga barang yang gak pernah gue sesali habis beli adalah buku. Sebanyak apapun duit jajan gue hanis buat beli buku gue tetap bahagia, meskipun besoknya gue mesti puasa :D.

Sebagian Kecil Buku-Buku Gue
Dan kalau misalnya seseorang ngasih kado sama gue, gue bakalan seneng banget kalau kadonya berisi buku. Kalau perlu 5 atau 10 buku sekaligus, gue pasti seneng banget, dibandingkan hadiah lainya, bukan berarti gue gak menghargai pemberian orang lain, tapi gue kalau disuruh milih mau kado apa, gue mau BUKU. Buku bagi gue adalah benda yang ajaib, buku itu memberikan pengetahuan yang berharga banget. Makanya gue merasa kaya kalau punya banyak buku. Lewat buku gue belajar banyak hal, mengetahui banyak hal, dan juga memberikan motivasi dan inspirasi  dalam hidup gue. Lewat buku-buku gue belajar banyak hal, bahwa ternyata kalau mau ini harus begini, ternyata sesorang bisa sukses karena ini, pokoknya buku luar biasa deh. Gue pengen punya buku lebih banyak lagi, punya perpustakaan sendiri, dan gue pengen hidup dengan buku-buku gue. Gue pencinta buku dan gue pengen sampai gue mati pun bersama buku-buku gue, kaya cerpen “Buku-Buku Kutu Buku”. Gue gak tau lagi mau nulis apa tentang betapa cinta dan sayang nya gue sama buku-buku gue. Gak apa-apa deh baju gue Cuma itu-itu aja, asal koleksi buku-buku gue nambah.
Selain baca dan koleksi buku, gue juga hobby nulis. Nah untuk bisa nulis, modal yang paling utama adalah ILMU dan PENGETAHUAN. Lo gak bakalan bisa berbagi lewat tulisan kalau lo gak punya penetahuan ats apa yang lo tulis. Lo mau nulis apa kalau lo aja gak punya ilnu, gak punya pengetahuan ? Menulis dan membaca gak akan pernah bisa dipisahkan. Jadi gue pengen banget merealisasikan hobby gue dengan membaca sebanyak-banyaknya agar gue bisa mengahasilkan tulisan yang berkulaliatas. Cukup dengan BUKU, KERTAS, dan ALAT TULIS itu udah lebih cukup untyuk menjadi orang besar dan orang yang bermanfaat. Mimpi gue yang lain dalah gue pengen jadi seorang penyair dan penulis besar. Dan gue juga mau mati dalam karya dan prestasi, gue penegn ninggalin karya-karya gue di dunia ini meskipun raga gue udah hancur.
Berharap Banget Gue Sekaya Ini, Love It


3.ORANG YANG GUE SAYANG
Dan ini adalah motivasi dan inspirasi terbesar gue dalam hidup. Orang- orang yang gue sayang lah yang jadi alasan gue tetap hidup, tetap berusaha, tetap menjadi lebih baik, tetap mau mengukir prestasi, tetap mau menghasilkan karya, dan tetap hidup dan bersyukur sama Tuhan. Orang yang gue sayang terutama papa, mama, adek gue Rani, someone J, sahabat gue, dan semua yang gue sayang mereka adalah power saat gue lagi krisis semanagat, saat gue down, saat gue lagi pesisimis, mereka yang selalu ada dan ngasih semangat saam gue. Untuk orang-orang yang gue sayang, terutama PAPA. Puput bakalan lakuin semua hal yang bisa bikin papa bangga, bikin papa senyum, dan bikin papa cerita ke semua orang kalau puput adalah anak papa yang hebat, pintar, dan papa bangga punya anak kaya puput. Puput pengen papa sama mama liat Puput pake toga, dapat gelar sarjana dan lulus dengan memuaskan, prestasi yang banyak, dapat kerja, bisa ngasih yang terbaik buat mereka dan buat mereka tersenyum bangga itu adalah mimpi terbesar gue. Cuma lewat belajar dan prestasi gue bisa bayar keringat dan air mata mereka, meskipun gue gak bakalan sanggup buat bayar pengorbanan, cinta dan kasih sayang mereka. Jujur, gue bukan anak baik yang penurut. Gue orang yang keras kepala, keras hati, gak mau kalah, egois, dan pantang disalahkan. Gue juga bukan anak baik-naik yang selalu iyain apa kata orang tua gue, gue bukan anak baik. Gue degil, nakal, binal (kata master gue sih gitu) tapi mereka ngerti dan pengen yang terbaik bagi gue. The biggest inspiration and motivation in my life, MY LOVELY PEOPLE. I LIVE AND THE REASON OF MY LIFE ARE YOU. I LOVE YOU SO MUCH. THANKS FOR LOVING ME. :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Left a comment if you want ^^